Tuesday 24 February 2015


Apa itu rule of third???
Merupakan rumusan yang membagi bidang gambar (layar LCD) menjadi tiga bagian dengan garis vertikal dan horizontal. Prinsip dasar di balik aturan pertiga adalah membayangkan sebuah gambar/obyek ke dalam tiga garis besar (secara horisontal dan vertikal) sehingga Anda memiliki 9 bagian yang berguna unutk mengasilkan foto dengan komposisi yang balance asimetris yang menarik
Pengertian Rule of Third


kesimpulannya obyek ditempatkan disalah satu keempat titik merah tersebut. dari situ kita bisa membuat komposisi foto yang BALANCE dan mempunyai makna yang tajam. 
Pengertian Rule of Third

dari photo di atas bisa diliat si photographer ingin memusatkan perhatian ke bunga matahari yang paling depan, dan dia menggunakan komposisi “rule of third”.

ini salah satu contoh lagi.
Pengertian Rule of Third

Pengertian Rule of Third

Pengertian Rule of Third

Kurang lebih seperti itu teknik komposisi yang paling umum digunakan. sebenarnya masih ada lagi untuk teknik komposisi yaitu istilah 1/3 + 2/3. Dalam dunia fotografi, Rule of third atau aturan 1/3 bagian adalah petunjuk bagaimana caranya memposisikan obyek di 1/3 bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Tehnik ini juga termasuk dalam mengkomposisikan obyek kedalam satu frame, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan sepertiga itu. Aturan ini mungkin lebih tepat disebut sebagai panduan, sebab tidak selamanya penempatan obyek di 1/3 bagian foto itu nikmat untuk dilihat bergantung dari obyek dan hasil foto yang dihasilkan oleh fotografer.


0 komentar:

Post a Comment