Wednesday 15 April 2015


Hallo minna~san, Waah gak nyangka udah di ujung perjalanan belajar dasar bahasa jepang gimana pelajaran yang kemarin sudah memahamainya secara keseluruhan. Kalau belum tidak ada salahnya belajar mulai awal lagi hehehe. Pada materi terakhir ini kita akan belajar pola pola kalimat bahasa jepang seperti Wa, Mo, NO, Wo, Ga. Namun sebelum lanjut ke materi yang akan di bahas di postingan ini yakinkan anda sudah mempelajarai huruf jepang terutama hiragana dan cara penulisannya. Sebab jika anda belum belajar huruf jepang anda akan kesulitan belajar materi ini. Jika kalian sudah belajar dan memahami huruf huruf jepang maka kita lanjutkan pelajaran ini. Ok Langsung saja check this out.

·         Pola Kalimat WA ()
Pola kalimat WA () merupakan pola kalimat dasar bahasa Jepang. Partikel "wa ()" berfungsi sebagai penanda subjek. Atau lebih jelasnya merupakan tanda menjelaskan sesuatu. Seperti "Saya adalah seorang siswa", "Saya adalah seorang guru", dll. Dalam bahasa Jepang, pola WA ini ditulis dengan huruf "HA (= HA), tapi dibaca wa. Bisa kita simpulkan, dalam beberapa kalimat, WA () sendiri bisa diartikan sebagai "ADALAH", tapi ingat!! Tidak semuanya.

·         Pola Kalimat MO ()
Partikel mo () digunakan untuk menyatakan persamaan. Dalam beberapa kalimat, pola mo () ini jika di Bahasa Indonesiakan artinya bisa berarti "juga" atau "pun".

Contohnya : 
あなた  にほんじん ですわたし  にほんじん です.
Anata wa Nihon-jin desu. Watashi mo nihon-jin desu. (Kamu orang Jepang. Saya juga orang Jepang)

Selain itu, kita juga bisa menginprovisasi 2 kalimat diatas menjadi 1 kalimat agar tidak terdengar rancu. Yang harus kita lakukan adalah tinggal merubah akhiran "desu (です)" dari kalimat pertama menjadi kata "de ()".

Contoh :
あなた  にほんじん  わたし  にほんじん です.
anata wa nihon-jin de watashi mo nihon-jin desu (Kamu orang jepang dan saya pun orang jepang)

·         Pola Kalimat NO ()
digunakan untuk menyatakan kepemilikan. Jika Anda ingin mengakui sesuatu sebagai milik Anda, gunakanlah partikel ini.

Contoh :
あなた  ほん
Anata no hon (Buku Anda)
Anata (あなた) adalah Anda, dan Hon (ほん) adalah buku. Agar menjadi pernyataan kepemilikan, pola NO () ditambahkan diantara subjek Anata (あなた) dan kata benda Hon (ほん) dan menjadi "anata no hon (あなた  ほん)”

·         Pola Kalimat Wo ()
Partikel wo 「を」digunakan jika ada objek yang terkena tindakan. Jika anda melakukan sesuatu maka partikel wo 「を」ini digunakan.

Contoh:
ごはん  たべます
Gohan wo tabemasu (Makan nasi)

おんがく  ききます
Ongaku wo kikimasu (Mendengarkan Musik)

·         Pola Kalimat Ga ()
partikel "ga” ini digunakan untuk penegas atribut predikat, tentunya penegasan tersebut berbentuk kata sifat. Intinya fungsi ini digunakan untuk hal yang menerangkan sebagai predikat penjelas.

Contoh :
リンさんは料理が上手です
Dea-chan wa ryouri ga jouzu desu. (Dea pandai memasak.)

Nah itulah Penjelasan singkat dari materi ini. Waah gak nyangka materi terakhir. Sekian dari SHARE IT NOW! Semoga materi yang udah di berikan bisa bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung
Silahkan subcribe jika anda ingin mendapat artikel artikel terupdate dari SHARE IT NOW!.
Jaa-ne sayaounara :3

0 komentar:

Post a Comment