Friday 10 April 2015


Hallo minna-san, ketemu lagi di pelajaran bahasa jepang. Tidak disangka kita sudah sampai di pertengahan pelajaran dasar belajar bahasa jepang. Tinggal sedikit lagi kita akan mengakhiri pelajaran ini. Bagaimana pelajaran sebelumnya sudah bisa kah? Oke lah mari kita langsung saja melanjutkan ke pelajaran bahasa jepang diPelajaran 5 - Doko desu ka? (Dimana?) Di Bab ini kita masih akan mempelajari tentang kata tunjuk, hanya saja disini kita bukan mempelajari tentang kata tunjuk pengganti benda, karena memang sudah diajarkan di Bab sebelumnya. Di Bab ini kita akan mempelajari tentang kata tunjuk tempat. Unutk lenih detailnya silahkan simak contoh percakapan di bawah ini.
Takuma : まゆ~ちゃん?
      mayu~chan? (Mayu?)
Mayu    : どう した  たくま~くん?
  Dou shita no takuma~kun? (Ada apa takuma?)
Takuma : わたし  ギター  どこです ?
  Watashi no gita wa doko desu ka? (Gitarku ada dimana?)
Mayu    : ギタ  たくま-くん  あそこ です
  Gita no takuma~kun wa asoko desu (Gitar takuma ada disana)
Kata tunjuk pengganti tempat ini berfungsi untuk menunjukkan tempat tanpa menyebut nama tempat tersebut, agar lebih praktis pada saat percakapan berlangsung. Kalau di Indonesia, contoh kata tunjuk tempat adalah "disini, disitu , disana”, dan untuk kata tanyanya "dimana?”. Baiklah, kita akan membahas tentang diatas beserta cara penggunaannya. Kata kata tersebut ialah :
a)   KOKO (ここ) = Disini

KOKO (ここ) mempunyai arti DISINI. Digunakan untuk menunjukkan tempat yang dekat dengan si pembicara / subjek.
Contoh :

ここ   きょうしつ です
Koko wa Kyoushitsu desu (Disini adalah ruang kelas)

Kalimat diatas menunjukkan bahwa RUANG KELAS tersebut dekat dengan si pembicara, bisa jadi si pembicara tersebut berada di tempat tersebut. Selain itu, jika anda ingin menanyakan "Apakah tempat ini adalah ruang kelas?”, maka Anda tinggal merubah akhiran DESU (です) menjadi DESU KA (ですか).

b)   SOKO (そこ) = Disitu
SOKO (そこ) mempunyai arti disitu. Biasanya digunakan untuk menunjukkan tempat yang dekat dengan lawan bicara / Objek.
Contoh :

そこ はじむしょ です
Soko wa jimusho desu (Disitu adalah ruang kantor)

Kalimat di atas menunjukkan bahwa tempat yang dimaksud (yaitu ruang kantor) berada dekat dengan si lawan bicara, atau mungkin si lawan bicara tersebut sedang berada di ruang kantor tersebut.

c)   ASOKO (あそこ)= Disana
ASOKO (あそこ) memiliki arti DISANA. Biasanya digunakan untuk menunjukkan tempat yang jauh dari pembicara maupun si lawan bicara. Contoh :

あそこ  おてあらい です  ?
Asoko wa otearai desu ka? (Apakah disana adalah kamar kecil?)

Si pembicara menanyakan kepada lawan bicara tentang kamar kecil (Otearai). Si pembicara menanyakan karena belum yakin apakah tempat yang dia tunjuk adalah kamar kecil atau bukan, bisa jadi karena letaknya jauh dari pembicara maupun lawan bicara.

Nah itulah penjelasan dari ketiga kata tersebut. Gimana di pertengan pelajaran kali ini mudah dimengerti?? Oke lanjut ke tahap selanjutnya yaitu kata Tunjuk Tempat Kochira (こちら), Sochira (そちら), Achira (あちら) dan Dochira (どちら). Pada dasarnya, kata tunjuk tempat KOCHIRA, SOCHIRA dan ACHIRA memiliki persamaan dengan materi sebelumnya, yaitu menunjukkan tempat. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata –kata tersebut memiliki arti sebagai berikut :
Kochira (こちら) = sebelah sini
Sochira (そちら) = sebelah situ
Achira (あちら) = sebelah sana
Dochira (どちら) = Sebelah mana
Seperti pada kata tunjuk sebelumnya, keempat kata diatas memiliki fungsi masing-masing dalam cara penggunaannya. Yaitu :

a)   KOCHIRA (こちら) "sebelah sini”, menunjukkan sesuatu yang dekat dengan subjek atau si pembicara. Contoh :

こちら  しょくど です
Kochira wa shokudou desu (Sebelah sini adalah kantin)

b)   SOCHIRA (そちら)"sebelah situ”, menunjukkan sesuatu yang dekat dengan objek atau lawan bicara. Contoh :

そちら もしょくど です
Sochira mo shokudou desu (Sebelah situ juga adalah kantin)

c)   ACHIRA (あちら)"sebelah sana”, menunjukkan sesuatu yang jauh dari subjek maupun objek. Contoh:

あちら  わたし  かいしゃ です
Achira wa watashi no kaisha desu (Sebelah sana adalah perusahaan saya)

d)   DOCHIRA (どちら) "sebelah mana”, kata ini digunakan untuk menanyakan tempat yang belum anda ketahui kepada seseorang atau lebih. Contoh :
Takuma : まゆ~ちゃん?
      mayu~chan? (Mayu?)

Mayu    : どう した  たくま~くん?
  Dou shita no takuma~kun? (Ada apa takuma?)

Takuma : わたし  ギター  どちら です ?
    Watashi no gita wa dochira desu ka? (Gitarku ada disebekah mana?)

Mayu    : ギタ  たくま-くん はそこ です
  Gita no takuma~kun wa asoko desu (Gitar takuma ada disana)

NB : Kata tunjuk ini selain menunjukkan tempat, juga bisa digunakan untuk menunjukkan dimana diri kita berada. Biasanya disingkat, seperti contohnya kata KOCHIRA (こちら) menjadi KOCCHI (こっち), yang artinya "sebelah sini.

Sekian untuk pelajaran kali ini jika ada yang merasa tidak dimengerti silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.  Oke terima kasih t :3elah membaca postingan materi ini.
Jaa~nee mata aou ^_^

0 komentar:

Post a Comment