Sunday 8 March 2015

Cara memberi efek gelap terang pada foto menggunakan photoshop
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan salah satu contoh tutorial photoshop yaitu “Efek Gelap Terang”. Untuk kalian yang ingin / masih belajar cara mengedit menggunakan photoshop silahkan disimak dengan baik. Photoshop yang saya gunakan adalah tipe photoshop CC. Namun jika tipe photoshop kalian tidak sama seperti punya saya jangan berkecil hati karena tipe photoshop apapun yang kalian gunakan cara pengeditannya sama saja, meskipun ada kemungkinan sedikit perbedaan pada beberapa tipe photoshop. Oke langsung saja CHECK THIS OUT.

v Alat/bahan :
1)    Komputer atau Laptop
2)    Software Photoshop (silahkan download terlebih dahulu jika tidak punya)

v Cara Kerja :
1)    Pertama-tama buka terlebih dahulu software Photoshop
2)    Kemudian pilih File -> Open (Lihat gambar di bawah)




3)    Kemudian pilih file/foto yang ingin di edit lalu lalu klik open atau dengan menekan tombol enter pada keyboard


4)    Lalu, pada menu LAYERS ada file foto berformat “backgroud”. Klik kanan pada backgroud lalu pilih duplicate layers (liat pada gambar) lalu pilih OK. Dan pada layers akan ada 2 file yang bernama “bakcgroud” dan “background copy”




5)    Kemudian pilih pada menu IMAGE -> ADJUSMENT -> HUE/SATURATION


6)    Kemudian kurangi saturation menjadi -100 lalu OK (lihat pada gambar)




7)    Setelah itu pada “Background Copy” lalu pilih LAYER -> VECTOR MASK -> REVEAL ALL


8)    Lalu pilih ERASER TOOL


9)    Kemudian klik pada bagian objek pada foto yang ingin di kembalikan warnanya seperti semula agar tercipta nuansa gelap terang pada foto. Lakukan dengan teliti agar hasil editan menjadi lebih bagus




10) Jika ada bagian yang ingin warnanya kembali digelapkan pilih Brush Tool. Lalu klik pada bagian foto yang ingin digelapakan kembali




11)  Jika proses editan sudah selesai silahkan simpan hasil editan kalian dengan cara pilih FILE -> SAVE AS. Ingat jika kalian memilih SAVE AS foto originalnya yang diedit akan tetap ada namun jika memilih SAVE foto originalnya akan tergantikan dengan hasil yang teredit. Dengan kata lain foto originalnya akan hilang dan yang ada hanya foto editanya.



SEBELUM

SESUDAH


Sekian tutorial photoshop yang dapat saya berikan semoga bermanfaat :)


0 komentar:

Post a Comment