Monday 23 March 2015

Pada Pelajaran 1 ini kita akan mempelajari suku kata bahasa jepang seperti Hiragana, Katakan dan Kanji. Namun di materi kali ini kita hanya mempelajari lebih dalam huruf-huruf hiragana dan katakana karena huruf kanji tersebut bisa di bilang susah untuk di pelajari. Saya sendiri masih kesusahan dalam belajar huruf Kanji sebab huruf Kanji mempunyai lebih banyak huruf dari pada hiragana dan katakana yang hanya mempunyai 46 huruf standart. Tapi bukan berarti kita tidak akan mempelajari huruf kanji. Tetap kita akan mempelajari tapi hanya sekedar mengenal dan mengetahui.
Bahasa jepang mempunyai 3  jenis suku kata yaitu :
1.  Hiragana
(katakanaひらがな; Kanji平仮名) adalah suatu cara penulisan bahsa jepang dan mewakili sebutan sukukata. Pada masa silam, ia juga dikenali sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena biasa digunakan oleh kaum wanita. Kaum lelaki pada masa itu menulis menggunakan tulisan Kanji dan katakana. Huruf Hiragana (平仮名)  Hiragana mula digunakan secara luas pada abad ke-10 Masehi. digunakan untuk menulis Bahasa Jepang yang tidak menggunakan huruf Kanji. selain itu, Hiragana bisa berfungsi sebagai furigana, yaitu tanda cara baca huruf Kanji yang biasanya dituliskan kecil di atas atau di bawah huruf Kanji tersebut. Huruf Hiragana (平仮名) terdiri dari 46 huruf standar yang bila di modifikasi atau ditambah tanda tertentu akan menghasilkan bunyi huruf lain(Dakuon dan Yoon).

2.  Katakana
Katakana adalah salah satu daripada tiga cara penulisan Bahasa Jepang. Katakana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa Jepang Huruf Katakana (片仮名) digunakan untuk menuliskan kata-kata serapan atau kata asing bagi bahasa Jepang. Kata-kata asli yang berasal dari bahasa Jepang tidak bisa ditulis menggunakan huruf katakana. Selain itu, Huruf Katakana juga bisa berfungsi untuk menuliskan nama orang. Huruf Katakana memiliki 46 huruf standar seperti pada huruf Hiragana yang bila di modifikasi atau ditambah tanda tertentu akan menghasilkan bunyi huruf lain (Dakuon dan Yoon).

3.  Kanji
Kanji sebenarnya berasal dari Cina. Pada mulanya, orang Cina zaman dulu itu menggambar benda-benda yang ada di sekitar mereka. Gambar-gambar tersebut kemudian dibuat sesederhana mungkin dan digambar dalam bentuk kotak-kotak untuk memudahkan mereka dalam menulisnya. Seperti muncul beberapa kanji yama「山」 ~gunung~, kawa 「川」~sungai~, ta 「田」 ~sawah~, hito 「人」 ~manusia~, dan lain lain.

Daftar Huruf Hiragana dan Katakana
Pelajaran1 – Suku Kata Bahasa Jepang

Contoh (Hiragana) :
Kimi       =    きみ
Boku      =    ばく
Koi         =    こい
Suru       =    する
Contoh (Katakana) :
Mayu      =    マユ
Dea        =    デア
Takuma  =    タクマ
Ryan      =    リャン
Latihan Soal !!
Ubahlah ke dalam huruf hiragana (Jawaban bisa melalui komentar di bawah postingan ini)
Sayounara    = ?
baka             = ?
Sumimasen   = ?
Suki              = ?
Latihan Soal !!
Ubahlah ke dalam huruf Katakana (Jawaban bisa melalui komentar di bawah postingan ini)
Anime    = ?
Kantin    = ?
Eakon     = ?
Kuta       = ?
DAKUON (BUNYI TEBAL)
Huruf Dakuon berasal dari huruf standar yang dimodifikasi dengan tambahan tanda titik dua di kanan atas (disebut tenten ) atau bulatan kecil (disebut maru)
Pelajaran1 – Suku Kata Bahasa Jepang

Contoh (Hiragana) :
Arigatou =ありとう
Kanji      =かん
Nihon go=なほん
Demo     =
Contoh (Katakana) :
Indoneshia    =インネシア
Gita(Gitar)    =
Gemu(Game)=
Madura         =

Latihan Soal !!
Ubahlah ke dalam huruf hiragana (Jawaban bisa melalui komentar di bawah postingan ini)
Dozo      = ?
Baka      = ?
Gomen   = ?
Kuzu      = ?
Latihan Soal !!
Ubahlah ke dalam huruf Katakana (Jawaban bisa melalui komentar di bawah postingan ini)
Saratiga        = ?
Surabaya      = ?
Singosari       = ?
Puruwosari    = ?

YOON (BUNYI KONSONAN GANDA)
Bunyi huruf Yoon berasal dari beberapa huruf standar yang diikuti atau digabung dengan huruf Hiragana  (ya),  (yu),  (yo). Ketiga huruf tersebut harus ditulis lebih kecil daripada huruf standarnya.

Pelajaran1 – Suku Kata Bahasa Jepang

Contoh (Hiragana) :
MYAGI  = みゃ
JYANAI = じゃない
TOKYO = きょ
Contoh (Katakana) :
Konpyuta =コンビュ

Sekian, pelajaran kali ini jangan lupa juga pelajari artikel terkait :
·         aturan menulis huruf hiragana
·         aturan menulis huruf katakana
oke sampai bertemu di pelajaran selanjutnya Pelajaran2-Hajimemashita (Perkenalan).
Jaa nee mata aou (Sampai nanti)

0 komentar:

Post a Comment