Saturday 14 March 2015

Sistem Audio yang Ideal

Tak perlu berpikir yang muluk-muluk bahwa sistem yang ideal itu haruslah sistem yang terdiri dari perangkat yang bermerek dan mahal. Sistem yang ideal adalah bagaimana kita menghubungkan perangkat dengan baik dan benar.
Sistem Audio yang Ideal

Sistem live mungkin sistem audio yang paling rumit diantara sistem-sistem audio yang lain. Dengan tanpa mengesampingkan sistem audio yang lain, memang sistem live jauh lebih menantang. Misalnya, karena keseluruhan sistem harus dibangun mulai awal. Loudspeaker dipilih, disiapkan, dikirim ke venue, loading, pasang, setup, dan seterusnya. Jadi tanpa sistem yang baik dan benar, live sound tidak akan berjalan sempurna. Membangun sebuah sistem jelas ditentukan oleh untuk apa dia ditujukan. Katakanlah untuk live band dengan sistem loudspeaker 4-way. Maka kita harus menyiapkan mixer yang sesuai, bagaimana menghubungkannya ke panggung, lalu bagaimana seabrek prosesor lainnya terhubung ke mixer ini. Pilih dan gunakan kabel-kabel dengan konektor yang baik dan terawat.
Hal berikutnya adalah memilih dan menyiapkan loudspeaker. Sistem 4-way berarti ada bagian loudspeaker yang merepro frekuensi low, mid-lo, mid-hi dan hi. Gunakan loudspeaker dan power amp yang sama untuk masing-masing master out L dan R.
Artinya, kalau kita menggunakan subwoofer ElectroVoice untuk L, maka gunakan subwoofer yang sama merek dan tipenya untuk R. Kalau kita menggunakan power amp Lab.Gruppen untuk L, maka gunakan juga yang sama persis untuk R. Kalau kita menggunakan speaker Meyer Sound untuk L, maka gunakan yang identik untuk yang R. Maka speaker kiri dan kana akan menghasilkan performa sound yang sama. Maka akan lebih mudah men-setting LMS-nya. Namun kita tak harus menggunakan subwoofer yang semerek dengan speakernya. Yang penting sama L dan R-nya.
Channel Mixer.jpgItu baru loudspeaker dan power amp-nya. Dan perangkat-perangkat itu akan menjadi sebuah sistem yang utuh bila terhubung satu sama lain. Dan untuk menghubungkannya kita butuh kabel. Jangan pernah menganggap bahwa perkabelan bukanlah hal yang penting. Gunakan hanya kabel dan konektor terbaik untuk membangun sistem kita. Tak banyak yang bisa dipaparkan tentang bagaimana mempersiapkan sistem perkabelan. Akan tetapi ada banyak cerita kegagalan yang bisa diceritakan bermula dari masalah perkabelan. Bukan hanya gagal menghadirkan kualitas suara yang baik. Perkabelan yang buruk bisa saja merusak peralatan bahkan menelan korban nyawa manusia. Seperti yang terjadi pada kabel listrik yang terkelupas dan tersentuh salah seorang kru.

Jadi, sebuah sistem yang baik tak hanya bisa terwujud dengan hanya satu atau dua item saja yang berkualitas baik. Namun keseluruhannya harus baik dan benar. Dengan sistem yang ideal, kualitas suara terbaikpun pasti bisa kita hadirkan meskipun dengan menggunakan peralatan kelas menengah.bukan hanya sitem audio yang harus di atur mengatur sistem monitor pun harus pula dilakukan agar penerapan pada panggung live berjalan lancar

0 komentar:

Post a Comment